Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

Granat berpeluncur roket (RPG)

Granat berpeluncur roket (bahasa Inggris: rocket propelled grenade, disingkat RPG), adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut senjata anti-tank yang ditembakan dari bahu, dan menembakkan roket berhulu ledak. RPG awalnya adalah singkatan dalam bahasa Rusia dari "Ruchnoy Protivotankovy Granatomyot" (Ручной противотанковый гранатомёт, РПГ) yang terjemahan bahasa Inggrisnya adalah handheld anti-tank grenade-launcher (pelontar granat anti-tank genggam). Istilah ini kemudian diadaptasikan ke istilah rocket propelled grenade, yang disesuaikan dengan singkatan RPG.
Hampir semua tank tempur utama (main battle tank, MBT) tahan ditembak senjata seperti ini karena perlindungannya yang tebal dan kuat. Tapi RPG sangat ampuh untuk digunakan melawan kendaraan lapis baja ringan seperti pengangkut lapis baja dan kendaraan beroda, serta gedung dan bunker.

Namun senjata ini memiliki akurasi yang lumayan jelek, di suatu percobaan latihan perang, dari 10 kali percobaan menembakkan RPG, 4 kali miss alias meleset.

RPG jarang dipakai oleh personil tentara orang barat, senjata ini sering kali dipakai oleh para pemberontak di timur tengah dan afrika. Di Afrika senjata ni jual bebas di BM (Black Market) atau dijual oleh para perompak.

0 komentar:

Posting Komentar